February 21, 2024

Penulis : Rizky Fajar NA, Berliana Azizah, & Zaskia | Editor : Rizky Fajar NA

Magelang, Buana pers– Kelompok 76 KKN-PM UMBY angkatan XLIII  yang bertempat di dusun Karang Mulyo, desa Bringin kecamatan Srumbung, kabupaten Magelang melaksanakan program kerja unggulan berupa pelatihan pengolahan cabai menjadi chili oil. Kegiatan KKN ini dimulai  dari 24 Juli-24 Agustus 2023.

Pelatihan pengolahan cabai menjadi chili oil dilaksanakan dengan tujuan memberdayakan para petani untuk mengembangkan potensi penjualan cabai menjadi produk yang bernilai jual lebih tinggi, hal tersebut didasari karena harga cabai tidak pernah menentu.

Tiffani Nurul Mahfudoh selaku penanggung jawab pelatihan tersebut menuturkan, bahwa Ia ingin memberikan solusi alternatif untuk pengelolaan cabai menjadi produk yang memiliki nilai daya jual yang tinggi, mengingat para petani akan mengalami kerugian besar jika harga cabai sedang turun.

“Pelatihan ini didasari karena para petani bercerita bahwa ketika harga cabai sedang turun, para petani pasti akan mengalami kerugian yang sangat besar” tutur Tifani (6/08/2023)

Kegiatan yang berlangsung pada Minggu, 6 Agustus 2023 tersebut tidak hanya diisi pelatihan saja, mahasiswa kelompok KKN 76 juga melakukan sosialisasi pengemasan produk disertai pembuatan logo yang merepresentasikan dusun Karang Mulyo.

Para warga mengaku senang karena diberi resep pembuatan chili oil, hal tersebut didasari kerena para warga banyak yang berprofesi sebagai petani cabai dan sangat menyukai makanan yang pedas.

“Disini banyak yang menyukai pedas, katanya banyak yang mempraktikannya di rumah. Apalagi harumnya sedap, mungkin karena ebinya ya. Namun akan lebih enak lagi sepertinya menggunakan kemiri” ujar Lilis selaku warga dusun Karang Mulyo.

“Saya ya cukup puas, karena kalau seandaianya itu berkelanjutan, dan pemasarannya berjalan, saya siap, mau minta cabai sehari berapa kilo pun untuk pengolahan chili oil saya juga siap. Jujur saya cukup lelah dengan harga cabai yang tidak menentu, banyak ruginya, tidak sebanding dengan biaya produksi dan perawatan, jadi jika chili oil ini menjanjikan, saya siap serius menggelutinya” pungkas Munawaroh selaku ibu kadus Karang Mulyo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *