Yogyakarta, Buana Pers – Garasi milik PO Citra Adi Lancar yang berlokasi di Jalan Wonosari KM 6, Dusun Kalangan, Kalurahan Baturetno, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, mengalami insiden kebakaran pada Selasa (23/5/2023) malam. Beruntung, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Sujono (43), operasional teknis PO Citra Adi Lancar, membeberkan kesaksiannya awal mula api muncul dari tumpukan sampah karena sampah berdeketan dengan tumpukan ban bekas menyebabkan api mudah terbakar.

“tiba-tiba ada asap, kita matikan api itu pakai air selang dan air yang ada di ember, ternyata api sudah menjalar ke tumpukan ban dan kebetulan unit bus berada persis disamping tumpukan ban,” kata Sujino saat dimintai keterangan di lokasi kejadian.

Saat diwawancarai oleh wartawan terkait kerugian atas insiden kebakaran, PO Citra Adi Lancar tidak mengalami kurugian yang berarti karena Unit Bus yang terbakar hanya Unit titipan asuransi PO lain.

“dari sisi kami tidak ada kerugian, karena yang terbakar hanya ban bekas dan tidak berdampingan dengan pemukiman warga, jadi yang terbakar hanya ban bekas, mengenai bus yang terbakar, itu adalah unit bus milik perusaahan lain yang mengalami lakalantas kemudian di titipkan disini,” ujarnya.

Sementara itu DAMKARMAT Kabupaten Bantul atau Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan mengerahkan 10 unit armada pemadam yang diluncurkan dari berbagai Pos untuk memadamkan si jago merah, dalam penanganan insiden kebakaran DAMKARMAT dibantu para Relawan untuk berjibaku memadamkan si jago merah.

Komandan Pemadam Kebakaran Pos Baturetno, Fajar Hendra (32) menjelaskan bahwa jika kebakaran api yang tinggi dan besar serta asap hitam pekat disebabkan oleh tumpukan ban bekas yang ada dibagian sisi belakang garasi. Dalam penanganannya DAMKARMAT tidak mengalami kendala yang berarti, hanya saja cekungan atau galian tanah yang tertumpuk ban terlalu dalam cukup menyulitkan anggotanya.

“laporan masuk ke kami sekitar pukul 20.00 WIB, tadi kita menyisir agar tidak mengalami kerugian yang banyak, kami juga melakukan penanganan penguraian agar cepat padam, kendala hanya karena itu tumpukan ban jadi penguraian cukup susah,” katanya.

Usai api berhasil dijinakkan, Petugas INAFIS dari Polsek Banguntapan melakukan olah TKP, seluruh titik yang terdampak api diberi garis polisi.

Penulis            : Ja’far Abdul Aziz

Editor              : Alan Dwi Arianto

Dokumentasi  : Ja’far Abdul Aziz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *