Yogyakarta, Buana Pers – Melalui akun resminya di media sosial, BEM UI mengunggah video pendek yang mana menggambarkan ilustrasi gedung DPR terbelah, lalu dua ekor tikus muncul dari atap gedung tersebut dan disusul oleh kemunculan satu tikus  berkepala Puan Maharani. Video yang diunggah @bem.ui pada Jumat (24/03/2023) itu berhasil menarik perhatian netizen dengan views mencapai 23,8M dan telah disukai 2,5M. Video animasi berdurasi 26 detik yang berisi kritikan itu  mendapat dukungan dan apresiasi dari warga net indonesia bahkan para tiktokers juga turut meramaikan postingan tersebut.

BEM UI memposting sindiran menohok tersebut untuk mewakili aspirasi masyarakat dengan caption yang tidak kalah pedas. Hal ini merupakan bentuk perlawanan atas pengesahan Perppu Cipta Kerja menjadi UU oleh DPR yang menuai kritik dan sangat kontroversial karena dianggap merugikan hak-hak buruh atau pekerja.

Diketahui bahwa Perpu Cipta Kerja sudah disahkan menjadi UU Cipta Kerja pada Selasa (21/03/2023) oleh DPR RI dan tentunya sudah diketuk palu oleh pimpiman badan legislatif tersebut. Pengesahan UU Cipta Kerja menimbulkan berbagai kritik di kalangan masyarakat, termasuk para akademisi dari berbagai universitas.

Melki Sedek Huang selaku ketua BEM UI menyatakan bahwa DPR RI menunjukkan sikap tak pantas dengan mengesahkan Perppu Cipta Kerja menjadi UU. Pasalnya, Melki menilai keputusan itu tak berpihak pada kepentingan rakyat dan bersifat pengkhianatan kepada rakyat.

“Kami rasa DPR sudah tidak pantas lagi menyandang nama Dewan Perwakilan Rakyat dan lebih pantas diganti namanya menjadi Dewan Perampok, Penindas, ataupun Pengkhianat Rakyat sebab produk hukum inkonstitusional yang mereka sahkan kemarin jelas merampas hak-hak masyarakat, mengkhianati konstitusi, dan tak sesuai dengan isi hati rakyat,” jelas Melki.

Sarkasme politik yang dilakukan @bem.ui tersebut memberikan inspirasi kepada bem di universitas lain untuk ikut menyuarakan penolakan terhadap Perpu Cipta Kerja. BEM Universitas yang turut menyuarakan sarkasme politik di laman tiktok antara lain adalah UB, Unri, Unand, dan Unisba.

Penulis                        : Vicka Berliana Tita Iswadi

Sumber gambar         : TribunnewsSultra.com

Editor                           : Nanda Kesya Pramesty

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *