February 21, 2024

Yogyakata, Buana Pers – Kelompok KKN 38 melakukan pelatihan dasar komputer pada murid kelas 5 dan 6 SDN Srepeng, Dengok Kidul, Pacarejo, Semanu, Gunungkidul. Kegiatan ini merupakan serangkaian aktivitas perjalanan KKN di mana seluruh peserta pelatihan ini dapat membantu murid-murid untuk bisa menggunakan komputer dalam melakukan aktifitas terkhusus dalam menyelesaikan tugas sekolahnya.

Kegiatan ini tidak serta merta hanya sebagai pemenuhan proker KKN saja, namun terdapat beberapa tujuan yang di gagas oleh Tim KKN Kelompok 38 UMBY sebagai dAsar acuan memajukan kompetensi murid SDN Srepeng. Memberikan pengetahuan dasar terkait bagaimana cara pengoprasian komputer, fungsi-fungsi alat dalam komputer, cara menggunakan Microsoft Word serta beragam fitur yang dimiliki perangkat komputer. Hal ini menjadi satu pengalaman baru bagi murid SDN Srepeng dalam hal pengetahuan digital.

Ketua Tim KKN 38, Ega Prazrillia juga menuturkan bahwa pelatihan ini juga guna menumbuhkan kesadaran anak-anak akan pentingnya penggunaan teknologi digital saat ini. Selain itu, pelatihan ini juga berguna untuk meningkatkan kepercayaan diri anak-anak untuk bisa mengoperasikan komputer dan dapat memeprmudah segala pekerjaanya dijenjang selanjutnya.

Kegiatan ini secara rutin dilaksanakan setiap hari Senin, Rabu, dan Kamis sejak tanggal 30 Januari – 16 Februari 2023. Pada pelatihan yang diadakan di SDN Srepeng ini beberapa fasilitas sudah tersedia seperti laboratorium komputer yang memiliki kurang lebih 10 komputer dan 2 leptop siap pakai. Kelompok KKN 38 ini hanya memberikan pelatihan kepada murid SD kelas 5a, 5b, dan kelas 6 yang di anggap mumpuni dalam memahami pelatihan ini.

Metode pelatihan yang dilakukan yaitu dengan menjelaskan materi didepan laboratorium komputer terlebih dahulu. Kemudian diikuti siswa-siswi SDN Srepeng yang nantinya akan didampingi oleh pengabdi. Metode ini kami lakukan agar siswa-siswi SDN Srepeng dapat lebih mengerti dan langsung dapat mengaplikasikan contoh yang kami berikan didepan kelas.

Dari 3 kelas yang diberikan pelatihan, kelas 6 merupakan kelas yang paling cepat memahami apa yang diajarkan. Mereka juga sudah mengetahui beberapa cara pengoperasian komputer dengan benar. Selain itu, mereka juga sangat semangat dalam menerima materi yang Tim KKN berikan. Sedangkan murid-murid kelas 5a dan 5b di SDN Srepeng dengan cepat dapat meniru dan memahami materi yang diberikan meskipun mereka tidak mempunyai dasar komputer sama sekali hanya beberapa siswa yang mempunyai sedikit dasar tentang komputer.

“Saat memberikan pelatihan komputer saya merasa senang karena antusias dari anak-anak untuk belajar sangat tinggi. Ditengah antusias anak-anak yang tinggi untuk belajar dan mengenali komputer sebenarnya saya cukup prihatin dikarenakan anak-anak yang kami ajari pengetahuan mengenai komputernya benar-benar tidak ada. Hal ini menjadi tantangan untuk kami karena kami harus secara perlahan mengajari mereka mulai dari menyalakan dan mematikan komputer, mengoperasionalkan mouse, mengenali fungsi dari tombol-tombol papan ketik dan belajar dasar Microsoft Word. Namun, saya pribadi sangat bersyukur karena dari kegiatan pelatihan yang kami lakukan sangat bermanfaat untuk anak-anak di SD Srepeng,” ungkap Ega Pazrillia selaku ketua Tim KKN 38 UMBY.

Penulis : Tim KKN 38 UMBY

Editor : Alan Dwi Arianto/Buana Pers

Dokumentasi : Tim KKN 38 UMBY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *