Gunung Kidul, Buana Pers – Mahasiswa KKN-PPM angkatan XLII kelompok 54 Univeraitas Mercu Buana Yogyakarta di Padukuhan Kangkung A, Kalurahan Ngeposari, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunung Kidul menggelar kegiatan sosialisasi yang memiliki tematik pentingnya pendidikan dan bahaya kenakalan remaja pada Jumat, 3 Februari 2023.

Tema pentingnya pendidikan diangkat sebagai salah satu upaya tim KKN-PPM angkatan XLII ini untuk menanggulangi masalah kependidikan yang ada di daerah tersebut pada khususnya dan mempersiapkan masa depan dunia pendidikan di Indonesia pada umumnya. Mahasiswa KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) kelompok 54 melakukan sosialisai tentang “Pentingnya Pendidikan” kepada para warga Dukuh Kangkung A, khususnya orangtua dan karang taruna di Balai Padukuhan Kangkung A, pada Jumat (3/2/23).

Sosialisasi pentingnya pendidikan ini, merupakan salah satu kegiatan di mana dapat menjadi pengaruh besar bagi perkembangan masa depan warga setempat khusunya untuk anak usia dini. Alasan pengambilan tematik ini diantaranya menilik kondisi yang ada pada Padukuhan Kangkung A yang tidak terdapat sarana atau wadah untuk memulai pendidikan sejak dini. Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan walaupun kurangnya sarana prasarana pendidikan di padukuhan Kangkung A, anak-anak maupun orang tua dapat mengetahui bagaimana pentingnya pendidikan untuk masa depan dan bisa tetap termotivasi untuk mendukung anaknya untuk mengenyam pendidikan.

Sosialisasi ini merupakan salah satu proker KKN-PPM kelompok 54 yang sudah direncanakan sejak awal berdasarkan survei yang dilakukan, sehingga dari tim KKN-PPM memutuskan untuk mengangkat sosialisai pentingnya pendidikan ini. Kelompok 54 berusaha mengolah materi-materi secara ringkas agar dapat diterima oleh masyarakat setempat. Materi yang ditawarkan diantaranya seperti teori-teori dari beberapa ahli yang di jelaskan dengan bahasa sederhana, memberikann referensi gambar dan cuplikan video yang nantinya sebagai informasi tambahan bagi masyarakat setempat. Dalam proses sosialisasi tersebut warga sangat antusias dengan penjabaran materi dan penjelasan yang disampaikan.

Tematik selanjutnya yakni “Bahaya Kenakalan Remaja” di mana kenakalan remaja ini menjadi satu perilaku menyimpang dari norma- norma hukum pidana maupun adat yang dilakukan oleh remaja dan tentunya dapat merusak diri mereka sendiri.

Sosialisasi tersebut berjalan cukup lancar dan dihadiri oleh banyak warga baik dari orang tua maupun dari karang taruna. Tidak hanya itu dengan diangkatnya sosialisasi pentingnya pendidikan dan kenalakan remaja ini Mahasiswa KKN-PPM kelompok 54 juga mendampingi anak usia dini dalam bimbingan belajar hingga KKN ini berakhir pada 20 februari 2023, dengan harapan apa yang sudah disampaikan dan diajarkan oleh tim dapat menjadi tolak ukur dan menjadi motivasi tersendiri bagi warga Padukuhan Kangkung A.

Pada akhir sosisalisasi “Bahaya Kenakalan Kemaja dan Pentingnya Pendidikan” ini kami memberikan pemahaman dan mengajak para pembaca untuk memperhatikan lingkungan sekitar, pergaulan, serta makna dari pentingnya pendidikan dan kenakalan remaja yang sesungguhnya. Sosialisasi ini pun ditutup dengan pemberian motivasi tentang bagaimana pentingnya pendidikan bagi masa depan dan kesuksesan anak dan cara mengatasi kenakalan remaja, misalnya perlu pengawasan terhadap penggunaan media komunikasi handphone, televisi, dan juga internet. Perlunya bimbingan kepribadian di sekolah karena itu merupakan tempat anak lebih banyak menghabiskan waktu selain di rumah.

Penulis : Annisa Sabrina dan Monika Ethiafani Tokan

Editor : Alan Dwi Arianto/Buana Pers

Sumber Foto : Tim KKN-PPM 54

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *