Gunungkidul, Buanapers – Kelompok 40 KKN-PPM UMBY angkatan XLII yang bertempat di padukuhan Banyumanik, kalurahan Pacarejo, kepanewon Semanu, kabupaten Gunungkidul mengusung program kerja unggulan berupa digitalisasi. KKN ini dimulai dari 19 Januari – 20 Februari 2023.

Kegiatan yang dicanangkan antara lain sosialisasi pemasaran hasil tani melalui media sosial, sosialisasi mengenai algoritma sosial media, pengolahan website, dan jurnalistik untuk profil padukuhan. Selain itu, ada juga proker-proker tambahan lainnya yang di luar digitalisasi sebagai pelengkap.

Landasan pemilihan tema digitalisasi dikarenakan sudah menjadi rahasia umum bahwa saat ini nyaris semua kegiatan bisa dilakukan secara online. Sehingga kelompok 40ingin mengenalkan digitalisasi lebih lanjut kepada masyarakat padukuhan Banyumanik, wabil khusus kepada pemuda-pemudi setempat. Harapannya mereka minimal bisa mengenal atau lebih lanjut lagi memanfaatkan era digital sebagai peluang yang positif.

Pembuatan website padukuhan

Salah satu proker digitalisasi yang sudah terlaksana adalah pembuatan website padukuhan. Hal itu tentu memiliki peranan begitu penting. Karena website bisa dijadikan sebagai media digital sehingga hal apapun yang menyangkut soal padukuhan bisa dimasukan ke dalamnya.

Untuk wesbite-nya sendiri sudah dibuatkan dan diisi oleh kelompok 40. Oleh karenanya warga tinggal mempelajari cara pengoperasiannya saja dan menambahkan berbagai konten untuk kedepannya. Pembuatan wesbite itu mengunakan salah satu layanan Google yaitu Blogspot.

Blogspot dipilih karena gratis. Dalam hal ini pada umumnya tidak perlu membeli hosting dan domain. Pun tampilan dashboard yang mudah dipahami sehingga memudahkan siapa saja untuk mengelolanya.

Persis pada Kamis, 02 Februari 2023, malam hari, kelompok 40 mengundang Karang Taruna Tunas Muda padukuhan Banyumanik untuk sosialisasi mengenai pengolahan website serta jurnalistik.

Acara yang diselenggarakan di Posko KKN (rumah kepala dukuh) ini menjelaskan gambaran umum blogspot dan bagaimana cara mengolahnya. Tidak kalah penting juga ada sosialisasi tentang tulisan jurnalistik yang nantinya akan dijadikan konten didalamnya.

Sosialisasi itu berlangsung cukup lancar, hanya saja terkendala pada suara hujan lebat yang menganggu penyampaian materi. Ada 14 angota karang taruna baik dari kalangan laki-laki dan perempuan yang hadir dalam sosialisasi itu.

Tidak hanya selesai di hari itu saja, karena kelompok 40 kedepannya akan terus mendampingi karang taruna sampai KKN berakhir jikalau ada kendala terkait pengolahan website dan jurnalistik.

Pun saat KKN ini berakhir, website tersebut diharapkan masih bisa diteruskan dan bisa berguna sebagai bagian dari pengenalan padukuhan Banyumanik, promosi potensi yang ada, arsip digital ketika ada momentum, memuat berita-berita yang ada di padukuhan, dan lain sebagainya.

Penulis: Muhamad Taufiq Kurniawan dan Khoirul Atfifudin

Penyunting: Khoirul Atfifudin

Sumber foto: Dokumentasi Kelompok 40 KKN UMBY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *