December 6, 2022

Yogyakarta, Buana Pers – Toko Huba Sakera Jamu Herbal & Tradisional milik Pak Husein yang terletak di Jl. Raya Pasekan, Sefan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menjual berbagai jenis racikan jamu herbal khusus untuk berbagai keluhan penyakit badan.

Racikan jamu tersebut memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk pengobatan asam urat, pegal linu, darah tinggi, dan berbagai penyakit lainnya. Pak Husein selaku pemilik Toko Huba Sakera menuturkan bahwa beliau meracik dan mengolah jamu secara mandiri. Tahapan yang dilalui juga lumayan banyak dan butuh waktu hingga jamu tersebut siap untuk dikonsumsi.

Toko herbal milik Pak Husein tak hanya menjual racikan jamu tradisional saja,  tetapi juga menjual racikan lulur dan masker kecantikan dari bahan tanaman herbal yang sudah diolah dan dikemas. Harga jual produk ini pun sangat terjangkau untuk kalangan pelajar dan mahasiswa. Selain menjual jamu dan perlengkapan produk kecantikan, toko Huba Sakera juga menjual madu murni, susu bubuk, dan kurma yang memiliki banyak peminat dalam penjualannya.

Produsen jamu ini mendapatkan bahan untuk meracik jamu dari warga sekitar yang memiliki hasil kebun tanaman obat seperti jahe, kunyit, kencur, dan lain sebagainya. Bahan-bahan itulah yang kemudian dikeringkan, dihaluskan, dan kemudian dapat diracik sesuai dengan takaran serta keperluan konsumen.

Sebagian besar konsumen yang pernah membeli produk herbal di Toko Huba Sakera berasal dari kalangan orang dewasa seperti Bapak-Bapak dan Ibu-Ibu yang sudah terbiasa dalam mengonsumsi obat herbal. Sedangkan dari kalangan remaja atau anak muda masih jarang yang mengkonsumsi jamu dan obat-obatan herbal.

Resep racikan jamu dan produk lain milik Pak Husein merupakan racikan resep turun temurun dari daerah Madura yang merupakan tempat asal Pak Husein tinggal sebelum beliau pindah ke Yogyakarta dan membuka cabang di daerah Maguwoharjo.

“Salah satu racikan yang paling banyak di cari oleh konsumen adalah racikan jamu herbal untuk daya tahan tubuh.Terlebih lagi pada musim hujan seperti saat ini, banyak konsumen yang membeli jamu racikan daya tahan tubuh ke toko ini,” imbuh Pak Husein kepada awak Buana Pers pada Rabu (19/10/2022).

Reporter dan Penulis: Hesti Agustin

Editor : Alan Dwi Arianto

Dokumentasi : Hesti Agustin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *