December 6, 2022

Yogyakarta, Buana Pers – Merawat wajah mengunakan skin care memang salah satu hal yang sangat penting untuk dilakukan agar kulit wajah tetap sehat dan terawat. Namun dari hal tersebut tidak boleh asal dalam memilih dan menggunakan kandungan skincare. Perlu juga memperhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya.

Menurut Fatty, salah satu beauty content creator Tiktok dari akun @gabolehgalakya yang juga merupakan mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana Yogyakarta, memilih dan menggunakan skincare hal yang paling penting diperhatikan adalah kondisi dan permasalahan pada wajah kita saat itu juga. Untuk pemula disarankan menggunakan basic skincare terlebih dahulu, seperti facial wash, pelembab, dan yang paling penting sunscreen.

“Pemula itu wajibnya sih basic skincare aja ya, untuk facial wash apa aja gak papa yang penting harus gentle dan gak yang ngescrub, karena jika kulit wajah yang berjerawat menggunakan facial wash yang ngescrub nanti makin menjadi. Aku rekomendasiin yang ada mugwort dan centella asiaticanya karena dia bisa calming dan bikin lembab,” ujar Fatty.

“Untuk pelembab itu boleh hyaluronic acid yang paling penting karena untuk melembabkan, dan untuk kulit yang kemerahan atau sedang breakout itu ceramide, karena ceramide itu untuk skin barrier. Dan yang paling penting sunscreen, minimal spf nya 45 atau 50,” lanjutnya.

Untuk sunscreen sendiri, menurut Fatty harus di-reapply per dua jam sekali. Dan agar tidak terlalu ribet dan khawatir make up yang digunakan akan geser dan dempul, ia merekomendasikan untuk menggunakan sunscreen spry.

Lalu untuk kandungan skincare yang lain balik lagi pada permasalahan wajah kita seperti apa, jika untuk kulit wajah yang berjerawat kandungan yang menurut ia paling cocok digunakan yaitu salicylic acid dan BHA. Namun jika untuk brightening menurutnya yang paling cocok dan ampuh digunakan yaitu alpha arbutin dan niacinamide.

“Kita harus tau dulu permasalahan muka kita apa, kalo misalnya jerawat itu di kulit aku yang paling mantep itu salicylic acid, BHA. Tapi perlu di inget dia gak bisa dipake sering-sering karena dia eksfoliator. Nah kalau untuk brightening di aku yang paling nampol itu alpha arbutin kalau nggak niacinamide,” ujar Fatty.

Namun dari hal-hal diatas, tidak boleh asal menggabungkan kandungan skincare yang satu dengan yang lainnya. Karena jika asal menggabungkan kandungan skincare maka akan memicu iritasi pada wajah.

“Sebelum beli skincare kita harus liat ingridientsnya. Kalo misalnya kita punya skincare yang ingredientsnya gak boleh dicampur solusinya tuh kita bisa selang-selingin waktunya, misalnya hari senin brightening yang ada kandung niacinamide, alpha arbutin, kalo presentasinya tinggi itu gak boleh dicampur sama AHA/BHA, berarti besoknya baru kita eksfoliator. Sama halnya AHA/BHA sama retinol itu gak boleh juga dicampur,” ujar Fatty.

Untuk penggunaan retinol ternyata tidak terbatas hanya untuk usia 20 tahun keatas, namun usia dibawah 20 tahun pun sudah bisa menggunakan retinol tergantung dari jenis dan persentasi retinol yang dipakai. Saat ini sudah banyak produk-produk skincare yang aman digunakan bagi remaja, yang biasanya persentasi kandungan skincare yang digunakan dalam produk skincare tersebut aman untuk remaja.

Waktu dan kandungan yang pas digunakan menurut Fatty sendiri yaitu pagi hari disarankan memakai kandungan yang melembabkan. Dan untuk penggunaan AHA/BHA itu disarankan digunakan pada malam hari. Karena jika AHA/BHA digunakan pada pagi hari akan memicu iritasi pada wajah yang mana itu dipicu dari senyawa aktif AHA/BHA yang terkena paparan sinar matahari.

Tips bagaimana membeli skincare menurut Fatty agar tidak mendapatkan produk skincare yang palsu, yang pertama diperhatikan yaitu harus ada BPOM-nya. Kedua, perhatikan ingredients dari produk skincare tersebut, dan yang ketiga tidak termakan review dari orang lain.

Reporter dan Penulis: Ayu Romauli Octisa

Penyunting: Khoirul Atfifudin

Sumber gambar: Pinterest

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *