December 6, 2022

Yogyakarta, Buana Pers –Sederet artis papan atas memeriahkan Play Music Festival di Grand Pacific Hall, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (15/10/22).

Adapun deretan artis yang memeriahkan konser tersebut itu adalah Sindy Amani, Olski, Atlesta, Mitty Zasia, Enau, Iksan Skuter, JAZ, Tulus, dan Fourtwnty.

Konser tersebut merupakan salah satu rangkaian Play Music Indonesia dalam memberikan suguhan konser musik dibeberapa kota besar di Indonesia. Dan Jogja menjadi titik ketiga setelah Malang dan Solo.

“Untuk Play Music Indonesia di Jogja ini merupakan titik ketiga. Pertama di Malang, yang kedua di Solo, ini yang ketiga di Jogja. Dan selanjutnya konser ini akan diselenggarakan di luar pulau seperti di Pontianak, Banjarmasin dan kota-kota lainnya,” ujar Johan selaku panitia Play Music Festival.

Pemilihan guest star

Di Yogyakarta, Play Music Festival Indonesia menghadirkan musisi-musisi besar tanah air yang sudah disebutkan di atas. Pemilihan gues star tersebut tidak lepas dari banyaknya minat dari masyarakat Jogja serta sedang naiknya lagu-lagu yang dibawakan oleh para musisi tersebut.

“Kita menghadirkan line up yang sedang top hits di beberapa platform musik di Indonesia. Pemilihan line up pun tidak lepas dari banyaknya permintaan masyarakat, khususnya masyarakat Jogja,” kata Johan.  

Johan juga melanjutkan bahwa Tulus dan Fourtwnty adalah salah dua guest star yang paling dinantikan. Namun guest star lainnya seperti Iksan Skuter, JAZ, Enau, Olski, Athlesta, Mitty Izzaty dan Sindy Amani juga banyak peminatnya sehingga pemilihan guest star tersebut dapat dikatakan sebagai permintaan masyarakat Jogja yang gemar dengan lagu-lagu mereka.

Performance dari line up Play Music Festival di Yogyakarta

Sindy Amani menjadi penyanyi pertama yang tampil di konser ini. Ia membawakan beberapa single-nya, salah satunya “Would It Hurt”.  

Penampil kedua dihiasai oleh Olski. Band asal Jogja ini memainkan musik pop yang  membawa penonton pada irama-irama yang menyenangkan.

Tak kalah dari Olski, Atlesta sebagai penampil ketiga juga berhasil membuat Euforia penonton. Atlesta mengusung nuansa musik pop RnB serta dengan tampilan penuh semangat yang menggugah semangat para penonton.

Dilanjut oleh Enau yang yang berhasil membuat venue (Grand Pacific Hall) bergemuruh dengan pembawaannya yang energik. Pun sang vokalis selalu mengajak interaksi penonton. “Negara Lucu”, “Ijazah”, dan “Warung Kopi” merupakan beberapa lagu yang dibawakan Enau. Adik dari Ari Lesmana (vokalis Fourtwnty) ini juga sempat turun dari panggung dan bernyanyi di area VIP yang sontak membuat para penonton berteriak histeris.

Dilanjutkan oleh Iksan Skuter yang berpenampilan dengan kemeja putih dan topi hitam khasnya. Lagu “Rindu Sahabat” dan “Jangan Seperti Bapak” juga tak luput untuk dinyanyikan yang membuat banyak penonton ikut bernyanyi meresapi lagu-lagunya.

JAZ dan Tulus juga berhasil membuat penonton bergemuruh ikut bernyanyi sampai beberapa penonton pun memberikan bunga kepadanya. Tulus pun melanjutkan dengan membacakan tulisan semangat dan sapaan dari penonton yang di tulis di layar hp. Hal itu membuat penonton semakin antusias menikmati musik malam hari itu.

Terakhir ada Fourtwnty sebagai pamungkas malam itu dengan berbagai lagunya, tanpa terkecuali  lagu “Mangu”, “Fana Merah Jambu”. Pun tak di sangka Fourtwnty mengajak seluruh penonton untuk menyanyikan “Indonesia Pusaka” dengan kedua tangan mengepal ke atas sebagai bentuk penghormatan untuk korban di Kanjuruhan.

Tanggapan penonton

Oca sebagai penonton Play Music Festival yang berasal dari Yogyakarta sangat antusias dengan penampilan dari Fourtwnty. Dirinya juga memfavoritkan lagu “Mangu”. “Karena pesannya bener-bener kayak wah banget, dalem banget,” ujar Oca saat ditanya oleh awak Buana Pers kenapa memfavoritkan lagu “Mangu”.

Tanggapan lainnya datang dari Indriani yang merupakan mahasiswi UIN Sunan Kalijaga. Dirinya datang ke Play Music Festival lantaran karena ingin menonton Tulus. “Monokrom” lagu yang dibawakan Tulus menjadi lagu yang ia favoritkan. ”Lagu itu (“Monokrom”) sesuai dengan kehidupan. Melalui lagu itu kayak aku cukup berterimakasih pada orang-orang yang baik sama aku,” kata Indriani.

Di akhir acara Indriani turut memberikan pesan semoga tahun depan Play Music Festival akan ada lagi. “Seru dan pecah banget! Keren banget sih. Dari awal ikut kek makin akhir makin semangat. Sukses terus pokoknya. Dan semoga tahun depan ada lagi,” pungkas Indriani.


Reporter: Nahda Shafirah Rahayu

Penulis : Ridwan Maulana & Deon Vito Karta Wijaya

Penyunting: Khoirul Atfifudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *