December 6, 2022

Yogyakarta, Buana Pers – Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Mercu Buana Yogyakarta tingkat Fakultas sukses dilaksanakan secara meriah pada Kamis, 8 Agustus 2022.

Terkhusus kampus 3 UMBY terdapat 3 fakultas yang mengadakan PKKMB yakni Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Komunikasi, dan Fakultas Psikologi dengan tempat yang terpisah.

PKKMB Fakultas Ekonomi

PKKMB UMBY Fakultas Ekonomi

Fakultas Ekonomi (FE) mengadakan kegiatan di DPR (Dibawah Pohon Rindang) yang merupakan halaman pintu masuk samping UMBY kampus 3. Pihak panitia menyatakan bahwa kepanitiaan dibuat menjadi satu dengan kampus pusat agar mempermudah koordinasi. Selain itu mereka juga membuat konsep yang sama agar menyamaratakan kegiatan yang dilakukan.

Fakultas Ekonomi menampilkan dresscode hitam putih dan menggunakan caping. Mereka mengusung tema “Optimisme Menghadapi Endemi di Era Perubahan Ekonomi dan Perubahan teknologi” di mana ini di maksudkan sebagai satu antusiasme baru di era new normal lantaran  selama beberapa tahun kebelakang mahasiswa sudah terbiasa dengan kehidupan daring dan saat ini dihadapkan era offline lagi.

“Dengan konsep dan tema yang kami ambil ini menjadi sebuah pengharapan bahwa kita harus siap dengan kehidupan dan era baru di tengah perubahan yang ada,” ucap Yudistira Tegar selaku Ketua Panitia PKKMB FE.

Antusiasme dari mahasiswa juga terlihat dengan atribut dan barang-barang yang dikenakan. Selain itu, acara yang dikonsepkan menyajikan beberapa sosialisasi tentang  sistem perkuliahan di FE.

Dekan Fakultas Ekonomi Dr. Audita Nuvriasari, S.E., M.M. mengatakan bahwa mahasiswa  harus mampu untuk responsif dan kreatif karena mahasiswa baru sudah memasuki dunia “maha” yang dalam hal ini tidak lagi harus di suapi, namun harus mampu berusaha mandiri. Harapannya kegiatan ini juga dapat memotivasi para mahasiswa baru FE khususnya untuk lebih memajukan FE dengan prestasi di bidang akademik maupun non-akademik.

PKKMB FE diakhiri dengan acara flashmob dance dibarengi smoke bomb yang dilakukan oleh panitia dan mahasiswa baru yang ada. Acara penutupan yang meriah ini membuat kesan tersendiri dalam penyelenggaraan PKKMB di FE Tahun 2022 . 

PKKMB Fakultas Psikologi

PKKMB UMBY Fakultas Psikologi

Mengusung konsep yang berbeda, PKKMB Fakultas Psikologi dilaksanakan di ruang auditorium dengan mengenakan jas almamater UMBY. Kegiatan ini mengusung konsep yang lebih formal dengan tema “Mercu Muda Psikologi yang Membuana dengan Moral, Etika, dan Prestasi.”

“Tema ini dipilih agar kami tidak terlalu jauh melenceng dari tema yang sudah digunakan pada PKKMB Universitas, hanya saja tema yang kami ambil lebih simpel. Kami berharap mahasiswa baru nantinya memiliki moral, etika, dan prestasi bagi fakultas maupun tingkat universitas,” tegas Anya selaku Koordinator Acara PKKMB Fakultas Psikologi.

PKKMB Fakultas Psikologi merupakan gabungan antara kampus 1 dan kampus 3, di mana mahasiswa kampus 1 di akomodasi menggunakan bus yang di siapkan oleh Fakultas Psikologi. Kegiatan di sambut meriah oleh mahasiswa yang mengikuti kegiatan secara khidmat dari awal acara hingga akhir acara. Terdapat pula relawan psikologi yang membantu pihak tenaga kesehatan sebagai pertolongan pertama jika ada yang sedang kurang sehat. Mereka menerjunkan 6 relawan yang membantu jalannya kegiatan.

PKKMB FIKOMM

PKKMB UMBY Fakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia

Di tempat yang berbeda PKKMB FIKOMM di laksanakan di kawasan Theater tepat di bawah ruang Auditorium kampus 3 UMBY. kegiatan yang mengusung tema “Communication In Digital Era” berjalan secara khidmat dan meriah. Sesuai dengan orientasi ILKOM pihak panitia juga memberikan name tag tiap kelompok dengan nama-nama platform media sosial yang banyak di gandrungi oleh kalangan muda seperti Facebook, Youtube, Instagram, Twitter, dan masih banyak yang lainnya.

Muhammad Rizky Mayyaki, Mahasiswa FIKOMM 2021 yang juga menjabat sebagai Ketua Pelaksana PKKMB FIKOMM mengeluhkan akan lambatnya pembukaan gerbang oleh kampus yang seharusnya pada pukul 6 pagi panitia sudah berkumpul, namun gerbang masih belum di buka. Selain itu, persiapan panggung yang mereka konsepkan pada acara PKKMB FIKOMM juga kurang maksimal adanya pembatasan jam malam untuk dekorasi acara hanya sampai pukul 10 malam.

“Kalau dari saya sendiri kurang memahami dengan konsep yang di suguhkan oleh panitia, kadang juga informasi yang di sampaikan terlalu mendadak terutama pada pengadaaan barang-barang untuk PKKMB ini,” ucap Nova, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2022.

“Acaranya seru sih, beda banget dengan masa SMA. Intinya lebih meriah dan lebih rame lagi, apalagi banyak ketemu teman juga kan. Cuma yang enggak enak itu nyari perlengkapannya aja, sama panas, trus sempet miscom juga karena informasinya mendadak gitu. Tapi, secara keseluruhan acaranya seru,” lanjut Adrian, mahasiswa Ilmu Komunikasi 2022.

Acara ini juga dimeriahkan dengan games, penampilan yel-yel, dan acara nyanyi bareng. Selain itu, ada acara penyerahan bunga oleh maba kepada panitia sebagai ucapan terimakasih. Acara tersebut menjadi penanda berakhirnya kegiatan PKKMB FIKOMM 2022.

Reporter: Alan Dwi Arianto, Zaida Azahra, Marsya Alivia dan Anggris Rahma

Penulis: Alan Dwi Arianto & Zaida Azahra

Penyunting: Khoirul Atfifudin     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *