December 6, 2022

Yogyakarta, Buana Pers – Universitas Mercu Buana Yogyakarta melaksanakan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) pada tanggal 7 September 2022 secara offline setelah 2 tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring.

Kegiatan PKKMB 2022 dilaksanakan secara terpisah antara kampus pusat dengan kampus 2 dan 3. Tema yang diusung pada pelaksanaan PKKMB 2022 Universitas Mercu Buana Yogyakarta adalah “Mercu Muda Berintegritas, Tonggak Moral Bangsa.”

Shofia Choerul Nisa, selaku ketua panitia kampus pusat UMBY mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan PKKMB 2022 ini, persiapan yang dilakukan oleh panitia terbilang cukup singkat.

“Jujur, persiapannya itu sendiri terlalu dadakan. Pembentukan panitianya sangat mepet. Jadi, jujur saya juga kaget,” ucapnya.

Meskipun persiapan yang dilakukan oleh panitia cukup singkat, pada saat hari pelaksanaan semua kegiatan berjalan cukup lancar. Ketika ditanyai mengenai kendala yang dialami panitia, ketua panitia menjelaskan ada beberapa kendala, salah satunya adalah kurangnya sumber daya manusia pada susunan panitia sehingga pembagian job desk kurang optimal.

Terlepas dari kendala yang dialami panitia, mereka sangat menegaskan bahwa mereka menghindari segala bentuk pembulian atau perpeloncoan panitia kepada mahasiswa baru. Untuk menanggulangi hal tersebut, pemberian hukuman pada mahasiswa baru yang melanggar peraturan pun difokuskan kepada hukuman yang tidak mengandung unsur kekerasan, salah satu contohnya adalah dengan membuat essay.

Mahasiswa baru yang mengikuti kegiatan PKKMB 2022 menyambut baik kegiatan ini dengan sangat antusias. Mereka mengaku senang karena bisa langsung berinteraksi dengan teman-temannya.

“Saya sangat exited untuk PKKMB offline ini, karena di samping itu kita bisa mengenal satu sama lain melalui tatap muka, kita juga bisa mendapatkan pengalaman yang baik di sini, dan dapat mengenal satu sama lain,” tutur Siti Ayu selaku peserta PKKMB 2022 kampus 1.

Selain pengenalan kehidupan kampus, pada acara PKKMB 2022 Universitas Mercu Buana Yogyakarta juga mengundang pemateri untuk mengisi kuliah umum. Aldi Syaputra, selaku alumni diberi kepercayaan untuk mengisi kuliah umum dengan tema entrepreneurship.

Yohanes Tampi, mahasiswa baru dari prodi Ilmu Keolahragaan selaku peserta PKKMB kampus 1 juga mengaku sangat terinspirasi oleh materi yang disampaikan Aldi Syaputra, terutama bagi dia yang ingin juga memulai usaha sambil kuliah.

Pada pelaksanaan PKKMB 2022 Universitas Mercu Buana Yogyakarta, ada satu Unit Kegiatan Mahasiswa yang turut membantu aktif yaitu Korps Sukarela (KSR) PMI. Kehadiran KSR sangat membantu dalam menangani peserta yang mengalami masalah kesehatan.

Atta, selaku ketua KSR menyatakan ada persiapan khusus dalam menyambut kegiatan PKKMB. Ada sepuluh anggota yang ditugaskan dalam kegiatan PKKMB, pelatihan tim dibentuk sebelum kegiatan demi kelancaran dalam penugasan.

“Persiapan khusus sendiri, kita menyiapkan berbagai latihan ya, mulai dari latihan rutin, sampai latihan khusus tim,” ujarnya.

Atta juga mengatakan masalah kesehatan yang dialami oleh peserta PKKMB 2022 disebabkan karena kurangnya persiapan, tidak sarapan, sehingga kondisi tubuhnya lemah. Selain itu, ada juga beberapa masalah pernafasan seperti asma dan berkurangnya fungsi indra penciuman.

Reporter : Dandi Agustin

Penulis : Dandi Agustin, Chika Karnelisia

Penyunting: Khoirul Atfifudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *