December 6, 2022
sumber : Ja’far Abdul. Aziz

Sebuah insiden kebakaran menimpa pabrik milik CV. Cakra Ganesha yang beralamat di Dusun Blunyahan, Pandowoharjo, Sewon, Bantul, pada Rabu (31/8/2022), Malam. Belum diketahui kerugian pasti yang diderita pemiliknya atas insiden tersebut.

Salah seorang karyawan sekaligus saksi, Suroyo (51) menjelaskan bahwa ketika pukul 20.50 WIB atau saat peristiwa terjadi dia masih berada di dalam pabrik. Dia menambahkan bahwa kejadian di awali dengan keluarnya asap yang berada di dalam ruang pengovenan kayu.

“Asap keluar dari dalam pengoven kayu kemudian saya lihat ada bara api muncul, saya mengutamakan barang-barang lain dulu untuk saya amankan,” katanya.

Suroyo juga sempat berusaha untuk memadamkan api dengan menyiram menggunakan air kran, akan tetapi api sudah terlanjur membesar.

“Saya sudah berupaya memadamkan api mas, tapi karena sudah terlanjur besar ya sudah gabisa lagi dan harus menggunakan mobil pemadam kebakaran,” imbuhnya.

Dalam proses pemadaman, sebanyak sembilan unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menjinakkan api.

Kepala Bidang Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan BPBD Bantul, Irawan Kurnianto menjelaskan jika timnya mendapatkan informasi sekitar pukul 21.10 WIB dan langsung menerjunkan anggotanya guna memadamkan si jago merah. Lalu api berhasil dipadam pada pukul 23.00 WIB.

“Pusat pengendali operasi BPBD Bantul menurunkan sembilan unit armada, kita bekerja selama dua jam, kendala terbesar adalah di lokasi kejadian minimnya persediaan air dengan jumlah besar, tapi berhasil kita atasi menggunakan air yang ada di irigasi sawah,” ujarnya.

Reporter dan Penulis: Ja’far Abdul Aziz
Penyunting: Alan Dwi Arianto
Sumber Foto: Ja’far Abdul. Aziz

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *