December 6, 2022

Mahasiswa Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Dayugo Timur, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang pada 25 Juli-25 Agustus 2022. KKN ini dilakukan dengan tujuan untuk membentuk pengalaman empiris kepada mahasiswa supaya mampu hidup berbaur di tengah masyarakat dan peduli terhadap masalah-masalah yang ada di dalamnya.

Dengan melihat kondisi geografis dusun, terlihat di sepanjang jalan Dusun Dayugo belum terdapat tanaman yang menghiasi jalanan menuju lingkungan dusun. Oleh karena itu, Tim kelompok 39 KKN-PPM UMBY 2022 berinisiatif untuk memberikan sumbangsih dengan menjadikan lingkungan Dusun Dayugo agar terlihat menjadi lebih asri melalui kegiatan penghijauan.

Dengan adanya program kerja penghijauan ini, diharapkan mampu menurunkan suhu suatu tempat tertentu sehingga lebih terasa segar, teduh, nyaman, dan juga asri. Pun memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar, misalnya mengurangi pencemaran yang diakibatkan oleh gas karbondioksida yang berasal dari asap kendaraan.

Kelompok 39 KKN-PPM UMBY melakukan penghijauan dengan penanaman tanaman jenis asoka. Pemilihan tanaman asoka ini dikarenakan dalam pemeliharaannya terbilang lebih mudah dibandingkan dengan tanaman hias lainnya. Selain itu, tanaman asoka tidak membutuhkan perawatan khusus sehingga cocok untuk dijadikan tanaman dalam upaya penghijauan. Proses penanaman tanaman melibatkan pemuda pemudi dusun, Hal ini juga sebagai bentuk partisipasi sosial mahasiswa KKN terhadap masyarakat dan lingkungan Dusun Dayugo. 

Menurut pandangan Tim Kelompok 39 KKN-PPM UMBY 2022, penghijauan dapat menambahkan kualitas estetika dan dimensi manusia dengan desain lingkungan untuk penciptaan ruang yang lebih asri dan menyenangkan. Penanaman tanaman dapat meningkatkan permeabilitas ruang untuk menjaga keseimbangan ruang yang kosong. Masyarakat juga berpendapat bahwa lingkungan yang hijau dan asri akan menambah nilai estetika suatu lingkungan yang akan berdampak pada kesehatan jiwa.

“Guna meningkatkan dan menyejahterakan warga Dusun Dayugo, Tim KKN UMBY Kelompok 39 bekerja sama dengan pihak Karang Taruna Dusun Dayugo Timur bersinergi mengadakan penghijauan, dengan kegiatan ini diharapkan warga Dayugo semakin giat dalam melaksanakan penanaman dan pelestarian lingkungan”, tutur Ardhika Falaahudin, S.Pd.Jas.,M.Or.AIFO-P selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mengatakan bahwa,

Tim KKN PPM UMBY tahun 2022 memiliki harapan bahwa kegiatan ini dapat menjadi  kesadaran terhadap masyarakat Dusun Dayugo akan pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar. Pun di Dusun Dayugo akan tumbuh jiwa kecintaan pada penghijauan. Sebab ketika jiwa ini sudah tertanam maka dengan sukarela bertanggung jawab terhadap lingkungan dan diharapkan menjadi efek domino bagi warga lain. Dan baik-buruknya suasana lingkungan tergantung bagaimana cara memperlakukan lingkungan itu sendiri.

Penulis: Rachmawansyah

Penyunting: Khoirul Atfifudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *