December 6, 2022

Kelompok mandiri mahasiswa dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) melakukan program kerja pertamanya dalam rangka melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) tentang copywriting sebagai kunci sukses dalam digital marketing. Acara itu dilaksanakan di Vifas Batik, Kecamatan Sleman, Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada Senin, 01 Agustus 2022.

Tujuan dari program kerja ini adalah membantu pelaku UMKM di Vifas Batik untuk mendorong pemasaran produk dalam dunia digital. Hal tersebut dilakukan agar UMKM tetap dapat bersaing di era teknologi yang semakin canggih ini. Salah satu yang harus diperhatikan dalam melakukan pemasaran bukan semata-mata hanya memiliki teknologi yang canggih, namun dengan teknologi tersebut harus juga di iringi dengan skill yang mumpuni.

Copywriting sendiri adalah kemampuan menulis dan mengabungkan pemahaman ilmu marketing communications dalam membuat iklan, konten, dan branding. Copywriting sangat dibutuhkan di era digital karena dapat membantu perusahaan atau bisnis untuk membuat konten dan iklan dalam membangun sebuah branding di berbagai media digital.

Selain itu juga didalamnya dijelaskan bagaimana cara menerapkan konsep STP (segmenting, target, positioning) dalam dunia marketing. Segmenting artinya fase pengelompokan audiens dalam dunia marketing, argeting artinya evaluasi daya tarik dari segmen dan memilih segmen yang telah menjadi sasaran. Sedangkan positioning adalah pola mengkomunikasikan konsep yang tepat. Dengan memahami konsep tersebut, maka pelaku bisnis dapat menentukan audiens yang tepat dan konten yang diberikan bisa relevan dengan target pasar.

Kelompok 2 KKN-PPM Universitas Mercu Buana Yogyakarta memiliki harapan dengan adanya program ini mereka dapat membantu dan memberikan pemahaman baru kepada pelaku UMKM dalam meningkatkan pemasaran yang telah ada. Selain itu juga program ini berupaya untuk melestarikan UMKM batik agar selalu kuat dalam bersaing di era digital ini.

Penulis: Jasmin Ranti

Penyunting: Khoirul Atfifudin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *