December 6, 2022

Pada tahun 1999 lahirlah situs online yang membahas seputar kehidupan masyarakat khususnya area Jawa dan dikaitkan dengan hal-hal supranatural seperti halnya ramalan jodoh, karir, kekayaan, rumah tangga, hitungan weton, hingga foto-foto penampakan makhluk astral. Pun terdapat pula cerita-cerita singkat tentang hal mistis yang terjadi di masyarakat.

Situs online ini sangat populer pada era 1999-2010 di mana kalangan masyarakat banyak yang mempercayai ramalan dan cerita-cerita mistis didalamnya. Bahkan banyak juga yang terbantu mengenai kecocokan wetonnya. Hal-hal yang sifatnya terbaru di situs ini selalu menjadi obralan seru di setiap tongkrongan baik dari kalangan muda hingga orang tua. Mereka  membahas isi dari situs tersebut dan secara tak sadar menjadi orang yang paling mengerti.

Maklum saja, pada zaman itu perkembangan internet belum secepat sekarang. Tidak semua orang bisa mengakses layanan internet. Di tambah lagi hal-hal bersifat klenik waktu dulu masih mengakar cukup kuat di masyarakat Jawa. Hal itulah yang menjadikan situs online ini seperti sesuatu yang berharga dan terpercaya.

Terlebih, apa yang di tulis dalam situs tersebut sedikit banyak menggunakan ilmu psikologi yang memainkan perasaaan. Contohnya antara lain adalah memainkan perasaan takut dan cemas di mana ada cerita Kolong Wewe yang menculik anak kecil disajikan secara dramatis yang membuat pembaca ikut merasakan ketakutan dan kecemasan.

Sedangkan untuk contoh perasaan dihargai seperti ramalan weton adalah ketika mereka  mengecek weton di situs tersebut, maka akan muncul kata-kata yang baik dan penuh harapan. Hal tersebut tentu membuat pembaca akan merasa senang tanpa di jelaskan hal-hal buruk dari weton-weton tersebut.

Nah sewaktu masa remaja dulu sekitar tahun 2009-2010, acap kali saya bersama teman sebaya sekitar 3-4 orang pergi ke warnet hanya untuk mengakses situs-situs tersebut. Kenapa harus rame-rame? karena alasan biaya sewa warnetnya perjam di banderol Rp 3000,- sedangkan kami masih pelajar minim harta. Pun pada waktu itu masih terasa aura menakutkan dan mistis jika membuka situs yang isinya foto-foto penampakan hantu dan membaca cerita-cerita horor didalamnya. Untuk nama situsnya sendiri adalah Primbon Jawa.com.

Sampai tulisan ini dibuat, situs ini masih ada dan tampilan visualnya sudah jauh lebih keren dari sebelum-sebelumnya. Untuk konsultasinya pun sudah ada biaya adminnya Rp.100.000,- di bayarkan melalui nomor rekening bank. Tentu sebuah hal yang aneh ketika situs yang membahas hal-hal klenik di mana sama sekali tidak ada unsur ilmiahnya justru menggunakan fasilitas perbankan yang sistematis.

Alih-alih, era saat ini mulai bermunculan channel youtube “Kisah Tanah Jawa” yang di rintis pada 21 Mei 2018 oleh Dienan Silmy, Bonaventura Genta, Om Hao, Mada Zidan, Monggo dan Sketsa Day. Situs youtube ini berfokus pada sejarah, mitos, kisah-kisah mistis yang ada di Tanah Jawa dan konten yang di sajikan di dalam channel Kisah Tanah Jawa tidak hanya membicakan hal mistisnya saja namun juga dikaitkan dengan data-data ilmiahnya.

Hal itu tentunya membuat sesuatu yang terasa astral berubah menjadi bahan logika yang tidak menyeramkan. Alih-alih mengikis eksistensi Primbon Jawa.com Saya ambilkan contohnya, di mana ketika penjelasan Om Hao mengenai kepercayaan masyarakat Jawa dengan weton pada salah satu videonya. Om Hao menjelaskan bahwa weton itu ada rumus matematikanya, ada hitungan jelasnya, asal-usul sejarah persetanan hingga tragedi-tragedi yang terjadi di masa lampau. Walaupun menarik untuk di simak, saya pribadi justru memiliki pandangan bahwa channel youtube Kisah Tanah Jawa tidak semenyeramkan seperti halnya Primbon Jawa.com pada tempo dulu.

 

Penulis : Ridwan Maulana

Editor: Khoirul Atfifudin

Illustrasi: https://id.pinterest.com/pin/89579480080996979/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *