December 6, 2022

Yogyakarta, Buana PersFakultas Ilmu Komunikasi dan Multimedia (FIKOMM) Universitas Mercu Buana Yogjakarta (UMBY) mengadakan stadium general dalam bentuk webinar & kuliah umum dengan tajuk “Prospek Kerja Lulusan Ilmu Komunikasi” pada Senin (7/3/2022).

Kegiatan kali ini dilakukan melalui platform zoom metting yang menggaet kurang lebih 700 partisipan, khususnya dari kalangan mahasiswa. Kegiatan ini juga merupakan awal perkuliahan semester genap yang wajib diikuti oleh mahasiswa UMBY. Pasalnya, beberapa dosen Ilmu Komunikasi memberikan arahan kepada mahasiswa untuk mengikuti webinar ini karena akan diakumulasikan menjadi nilai assessment (ASN) pertama sebesar lima persen.

Animo partisipan yang cukup besar juga tidak lepas dari peran koordinasi panitia beserta dosen yang meneruskan informasi ke berbagai platform. Mulai dari story instagram hingga whatsapp grup angkatan kuliah.

Webinar dan kuliah umum dibuka oleh ketua panitia, Dekan FIKOMM, dan Rektor UMBY. Dipandu oleh Margaretha Wulandari selaku dosen FIKOMM UMBY, webinar ini mengundang 4 speaker yang cukup menarik dan mumpuni di bidang Ilmu Komunikasi. Adalah Dr. Heri Budianto, M.Si selaku Kaprodi Magister Ilmu Komunikasi Universitas Mercu Buana (UMB), Christiany Juditha, M.A dari Balitbang SDM Kementrian Kominfo, Marselinus Krishna dari Creative Group Head, dan Dr. Muhammad Sulhan yang merupakan Ketua Umum Asosiasi Pendidikan Tinggi Ilmu Komunikasi (ASPIKOM).

Dr. Heri Budianto, M.Si pada sesi materi yang pertama memaparkan mengenai peluang serta tantangan bagi para lulusan ilmu komunikasi. Beliau mengatakan bahwa gelar akademik saja tidak menjamin keberhasilan dalam dunia kerja. Seseorang harus memiliki tiga hal dasar untuk menunjang prospek di dunia kerja. Adalah skill: hard skill & soft skill, wawasan, dan networking/jaringan.

“Lulusan Ilmu Komunikasi juga mempunyai tantangan yang besar. Ingat, profesi di bidang komunikasi juga diisi oleh lulusan ilmu lainnya, jangan terlena! tingkat persaingan anda bukan hanya lulusan ilmu komunikasi saja, tetapi lulusan lain juga akan menjadi saingan anda.” Tutur Heri Budianto, M.Si

Sementara itu, beberapa profesi lulusan ilmu komunikasi yang disebutkan oleh Bapak Heri antara lain adalah Humas/Public Relation, Event Planner, Broadcaster, Jurnalis, Sales and Promotion, Peneliti, Dosen, Birokrat, dan Politisi.

Sedangkan pada sesi materi yang kedua, Dr. Muhammad Sulhan menyampaikan poin materi yang cukup penting kepada seluruh peserta webinar supaya menjadi pemikir yang kreatif dan inovatif.

“Tanamkan prinsip driver dan bukan passanger. Karena kalo sekedar menjadi penumpang, kita tidak mengetahui apa yang menjadi keinginan kita dan hanya ikut-ikutan saja. Di sisi lain, dunia secara umum juga telah mengalami pergeseran luar biasa, yakni product-based competition yang beralih ke platform-based competition. Oleh karena itu, kita dituntut menjadi generasi yang inovatif.” Terang Bapak Sulhan.

Hitoshi Bima Ar Rahman selaku peserta webinar berpendapat bahwa kegiatan tersebut semakin membuka mindset dalam mengasah skill di bidang ilmu komunikasi. Ia mendapat banyak insight yang banyak, salah satunya yaitu mengetahui prospek kerja bagi lulusan ilmu komunkasi yang luas dan tidak terbatas pada beberapa sisi saja. Pada sesi penyampaian materi pun nampak berkesan bagi mahasiswa FIKOMM UMBY ini, bahwasanya ia menilai pemaparan materi webinar sangat relevan dengan aktivitas anak muda masa kini.

“Semoga tetap berjalan terus sih webinar seperti ini dengan pemateri yang lebih menarik dan pembahasan yang beragam, dan semoga bisa talkshow secara offline, jadi lebih seru kan.” Pungkas Biancha.

Penulis  : Metrik Pramesti dan Alan Dwi Arianto

Editor : Khoirul Atfifudin

Sumber Foto : Biancha Arianggi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *