December 6, 2022

Yogyakarta, Buana Pers – Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (HMPS TI) Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sukses menggelar workshop sebagai program kerja tambahan yang bertajuk “Workshop & I Security for Z Generation”. Acara tersebut dilaksanakan pada (27/11/21) pada pukul 08.45 WIB secara virtual melalui zoom meeting.

Workshop dibuka oleh M.Abdurozik mahasiswa Fakultas Teknologi Informatika (FTI) UMBY selaku Master of Ceremony (MC) dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Anief Fauzan Rozi, S.Kom., M.Eng., MCE. selaku Dekan FTI UMBY, kemudian Mutaqin Akbar, S.Kom., M.T., MCE. selaku Kepala Program Studi Informatika UMBY, dan sambutan dari Sri Rahayu selaku ketua pelaksana workshop kali ini. Pada kesempatam ini HMPS TI menghadirkan pemateri mumpuni di bidang keamanan jaringan yaitu Yudhistira Yongki Korniawan Budiman, S.Kom., M.Cs. yang merupakan senior security engineer di PT Kode Keamanan Indonesia.

Maulana selaku divisi Steering Committee (SC) pada workshop kali ini menjelaskan bahwa panitia memiliki keresahan perihal maraknya Phising maka lahirlah tema “Workshop & I Security for Z Generation” sebagai wadah pengingat generasi muda agar tidak mudah dikelabuhi oleh pesatnya teknologi yang disalahgunakan. “Jadi, workshop ini dibuka untuk umum bagi mereka yang sudah mengenal dunia keamanan jaringan maupun yang belum karena memang tujuan acara ini untuk melatih dan menambah ilmu peserta mengenai pentingnya network security agar data pribadi kita tidak mudah diakses oleh pengguna lain,” ucap Maulana

Maulana mengatakan bahwa “Workshop & I Security for Z Generation” ini sudah dipersiapkan sejak bulan September namun memang masih terasa belum maksimal, “Sebetulnya untuk workshop kemarin itu sudah disiapkan dari jauh-jauh hari sekitar bulan September, sayangnya memang ada beberapa hal yang membuat saya pribadi masih kurang puas. Salah satunya karena jumlah peserta yang ikut termasuk jauh dari yang kami targetkan yaitu bisa sekitar mencapai 150-200 orang. Walau begitu saya cukup bersyukur acara kemarin sudah berjalan baik dan pembahasan dari pemateri juga sangat menarik karena mencari pemateri juga sempat menjadi tantangan bagi kami di awal karena ada beberapa pemateri yang mematok harga lumayan tinggi,” ujar Maulana.

Maulana mewakili HMPS TI menyampaikan akan mengadakan workshop lagi nantinya yang akan diselenggarakan tahun depan, “Kedepannya ada lagi sih dan rencananya akan dirangkap dalam Festival IT, tapi untuk bulan Desember ini sudah Free.” lanjut Maulana. Ia juga berpesan kepada peserta “Workshop & I Security for Z Generation” kemarin semoga peserta dapat mengambil ilmu dengan baik dan tidak menganggap remeh sehingga memaksimalkan saat mengikuti setiap workshop yang ada, agar tidak sia-sia ilmu yang disampaikan pemateri karena tidak ada yang tahu jika nanti itu akan sangat bermanfaat di kehidupan sehari-hari kita atau di dunia profesi kita nanti.

Cindy salah satu peserta “Workshop & I Security for Z Generation” mengatakan, “Bagi saya, materi yang disampaikan Bapak Yudhis cukup seru dan pembawaan beliau juga santai. Acara juga berjalan cukup baik. Hanya saja karena saya masih mahasiswa yang baru saja masuk ke ranah teknologi masih terbilang sulit untuk memahami semua materi, seperti kode-kode programming dan istilah lain yang belum pernah saya pelajari. Tapi saya bersyukur dan senang karena sedikit banyaknya bisa mempelajari apa saja yang ada dalam network security dan tentunyworkshop kali ini akan menjadi bekal yang berguna bagi saya sebagai pemula.”

Narasumber :

  • Maulan (Divisi SC “Workshop & I Security for Z Generation“)
  • Cindy (Peserta “Workshop & I Security for Z Generation“)

Pewawancara dan Penulis Berita :

  • Anissa Ghina
  • Ni Made Krisnashanti D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *