December 6, 2022

Yogjakarta, Buana Pers – Sabtu, 27 November 2021 Panitia Musyawarah Kerja Nasional XIV (MUKERNAS) Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI Nasional) yang telah dibentuk dua minggu yang lalu melakukan rapat perdana di Cafe Main-main, Bantul, Yogjakarta.

Rapat tersebut dimulai dengan perkenalan para panitia Mukernas dari setiap delegasi Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) di DK Jogja serta pengenalan job desk masing-masing divisi dan gambaran kasar konsep acara.

Antusias serta semangat dari para panitia membuat Yohanes Maharso Joharsoyo, Sekjend PPMI DK Jogja memiliki dua cita-cita yang ditargetkan. Yaitu dari segi internal (Pengurus dan LPM Se-DK Jogja) maupun eksternal (LPM di luar Yogjakarta).

“Segi internal, ada harapan jika Mukernas ini dapat menjadi ajang para pengurus serta LPM DK Jogja untuk bisa lebih guyub lagi. Pun menjadi sarana berbagi pengalaman dengan teman-teman LPM dari seluruh Indonesia. Dan setelah acara selesai, DK Jogja diharapakan bisa lebih kompak lagi.” Kata Maharso.

Sedangkan segi eksternalnya, ia menambahkan supaya teman-teman yang hadir dalam acara Mukernas XIV di Yogjakarta bisa merasakan suatu kenyamanan. Lantaran hal tersebut seringkali menjadi evaluasi penting pada kegiatan PPMI Nasional yang sudah terlaksana sebelumnya.

Maharso juga berani memberikan alasan yang cukup kuat agar teman-teman dari LPM se-Indonesia bisa memeriahkan acara tersebut. Lantarannya Jogja mempunyai magnet tersendiri dalam bidang kebudayaan, kesenian, wisata dan lain sebagainya.

“DK Jogja terkhusus panitia akan berusaha memberikan pengalaman yang berbeda dengan kegiatan-kegiatan PPMI Nasional sebelumnya. Karena kegiatan-kegiatan sebelumnya itu (mungkin) dapat dikatakan menjemukan. Pun sangat disayangkan jika temen-temen LPM dari seluruh Indonesia melewatan Mukernas XIV di Kota Pelajar ini.” Pungkasnya.

Ketua Pelaksana, Aang Noor Hikmah juga turut mengatakan “Akan ada goals yang ingin dicapai selain menunaikan kewajiban Mukernas saja. Pertama adalah berjejaring, di mana kita bisa mengenal teman-teman LPM dari seluruh Indonesia. Kedua mengenalkan Jogja, itulah mengapa diadakan maraton jurnalistik, para peserta diminta untuk mengulik Jogja dengan membuat karya jurnalistik. Panitia juga akan memberikan suguhan kegiatan inovasi yang berbeda dengan tahun lalu, dan tentunya akan memberikan kesan.” Tutur Aang.

“Untuk waktunya sendiri, kegiatan Mukernas XIV akan dilaksanakan pada minggu terakhir di bulan Februari 2022, tepatnya pada tanggal 24-27, mengingat kami melakukan persiapan di minggu akhir bulan November 2021.” Pungkasnya.

Penulis: Khoirul Atfifudin

Narasumber:

1. Yohanes Maharso Joharsoyo (SEKJEND PPMI JOGJA)

2. Aang Noor Hikmah (Ketua Pelaksana)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *