December 6, 2022

Akhir-akhir ini, istilah self-love banyak di perbincangkan di media sosial. Lalu sebenarnya apa yang dimaksud dengan self-love? Sederhananya self-love atau mencintai diri sendiri adalah suatu bentuk penerimaan diri, menghormati, menghargai, dan memahami diri sendiri.

Mencintai diri sendiri memang kedengarannya mudah, namun pada kenyataannya masih banyak yang belum bisa melakukannya. Contoh sederhanany adalah saat diri kita abai terhadap hal-hal yang disukai namun malah menuruti standar yang diberikan oleh orang lain. Padahal jika terus-menerus dilakukan, hal seperti ini akan menimbulkan berbagai macam persoalan dalam hidup. Sehingga perlu adanya suatu kesadaran untuk menerima diri sendiri apa adanya.

Mencintai diri sendiri juga harus diupayakan oleh setiap orang agar terciptanya suatu kebahagiaan. Karena manusia di bumi ini cenderung menginginkan hidup bahagia. Dan, hal tersebut tidak semudah yang kita ucapkan. Lantaran semusal mudah, pasti semua orang telah mencapainya tanpa melewati proses terlebih dahulu.

Namun yang mesti digarisbawahi, bahwa diri kitalah yang dapat mendatangkan kebahagaian. Lantaran kita tidak bisa mengontrol hal-hal yang berasal dari luar diri kita. Pun menggantungkannya kepada orang lain adalah suatu kekeliruan. Sebab tidak ada jaminan secara mutlak jka orang lain dapat memberikan kebahagiaan. Malahan terkadang orang lain yang membuat kita menjadi sedih, kecewa ataupun marah.

Kiat-Kiat Self-Love

Mencintai diri sendiri bisa dimulai dengan self–awareness atau memahami diri sendiri. Self-awareness ini mudah dilakukan sebagaimana kita paham tentang hal-ihwal apa saja yang kita sukai dan tidak disukai. Sebagai contoh ketika kita merasakan overthinking, self-awareness bisa menjadi obat penawarnya. Di mana kita akan memprosesnya menjadi sesuatu yang dapat memberikan energi positif,.

Kemudian self-esteem atau harga diri. Kita berharga untuk hidup kita masing-masing. Jangan pernah menganggap diri sendiri tidak berharga dan membandingkan dengan orang lain. Karena setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing, tanpa terkecuali. Pembedanya adalah cara setiap individu mengoptimalkan potensi yang dimiliki supaya dijadikan sebagai kekuatan untuk tumbuh dan berkembang kearah yang lebih baik.

Selanjutnya self-care atau perawatan diri. Self-care merupakan sesuatu yang sangat mudah untuk dilakukan. Caranya adalah dengan menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Tentunya dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Pun dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat kita akan membuat imun didalam tubuh menjadi kuat.

Dan terakhir yang tidak kalah pentingnya yaitu selalu bersyukur atas apa yang kita miliki. Jangan sampai kita terus-menerus menatap ke atas, sesekali lihatlah ke bawah agar kita sadar atas apa yang kita miliki saat ini. Dengan begitu kita akan merasakan ketenangan batin dan terbebas dari sifat iri-dengki.

Alhasil dengan menerapakan berbagai cara tersebut, hidup bahagia bisa sangat mungkin untuk kita capai. Tentunya dengan tidak membandingkan dengan kehidupan orang lain maupun mengikuti standar yang diberikanya. Sebab setiap orang berhak untuk memilih jalan hidupnya masing-masing, karena kita lah yang paling berkuasa atas diri kita masing-masing.

Penulis: Atta Nasyitul Khoiriyah

Editor: Khoirul Atfifudin

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *