December 6, 2022

Sumatera Selatan, Buana Pers – Ajang olahraga bukan hal asing ditelinga masyarakat Indonesia, bahkan menjadi hal yang sangat ditunggu-tunggu. Sejak awal Indonesia merdeka, kegiatan olahraga menjadi ajang populer dan rutin diadakan khususnya oleh masyarakat desa. Namun, semenjak pandemi Covid-19 ajang olahraga di desa-desa sempat mati suri. Namun perlahan, ajang olahraga di desa-desa mulai hidup kembali karena para aparatur dan pemimpin desa melihat potensi masyarakat yang sangat baik  dan melihat bahwa masyarakat sudah mulai jenuh dengan kehidupan yang kurang produktif dalam bidang olahraga. Oleh karena itu, ajang ini mulai hidup kembali dan dengan izin dari pemerintah serta dengan protokol kesehatan yang ketat maka dapat terlaksana dengan baik turnamen voli.

Masyarakat wilayat Kecamatan Makarti Jaya menjadi salah satu penggeraknya. Turnamen ini diadakan dalam rangka menjalin silaturahmi, rasa solidaritas antar masyarakat di wilayah Kecamatan Makarti Jaya, dan mendorong pembangunan desa. Selain itu, turnamen ini diharapkan bisa menjadi wadah warga desa mengasah bakat dan berprestasi di bidang olahraga.

Desa yang ada di Kecamatan Makarti Jaya diketahui telah sering mengadakan turnamen seperti ini. Kegiatan ini dimulai pada tangal 14 September 2021 dan berakhir pada 12 Oktober 2021. Kegiatan ini  melibatkan lebih dari sepuluh tim yang bersaing merebutkan juara satu hingga empat. Para tim yang tersisih menganggap turnamen ini sebagai bekal untuk mengasah bakat dan silaturahmi. Sedangkan bagi pemenang lomba menganggap bahwa kerja keras mereka  dan kerja sama tim membuahkan hasil yang baik.

“Para pemainnya tak kalah hebat dengan pemain nasional, sehingga menontonnnya pun sangat menyenangkan dan meninggalkan kesan mendalam. Saya berharap bahwa kedepannya turnamen voli seperti ini dapat lebih terbuka untuk semua yang ingin ikut berpartisipasi memeriahkan.” Jelas saudari Dora Meilinda selaku penonton.

Ajang olahraga seperti ini tidak hanya membawa pengaruh baik bagi pemain tetapi juga warga desa lainnya. Adanya turnamen bola voli ini dimanfaatkan warga desa untuk membuka lapangan pekerjaan baru sehingga mereka mendapatkan penghasilan tambahan. Seperti berjualan mainan anak-anak, masker, makanan, dan lainnya.

“Turnamen voli ini diselenggarakan oleh tim Tritunggal, desa Tirta Kencana RT 78 kampung dua Kecamatan Makarti Jaya. Dalam rangka Silaturahmi antar tim Makarti Jaya.” Jelas Bapak Sarono selaku ketua panitia.

 

Penulis : Theresia Rut Anggelang Ua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *