December 6, 2022

Yogyakarta, Buana Pers – Fakultas Psikologi Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) sukses melaksanakan PKKMB Fakultas Psikologi 2021 (09/09/2021). Pemilihan Ketua Angkatan Fakultas Psikologi UMBY 2021 menjadi salah satu rangkaian acaranya. Muhammad Fadhrezi selaku perwakilan panitia dari divisi acara mengatakan pemilihan ketua angkatan ini diharapkan dapat menobatkan perwakilan mahasiswa yang terbuka, mampu mengayomi dan mewadahi teman-teman mahasiswa psikologi angkatan 2021.

Teknis pemilihan calon Ketang Psikologi 2021 ini terbagi menjadi lima proses penyeleksian. Pertama, penyeleksian pada tiap kelompok dibantu oleh para LO baik dari kampus 1 maupun kampus 3. Pada penuturan yang disampaikan oleh mas Ezi kelompok yang terbentuk  adalah 18 kelompok dari kampus 1 dan 25 kelompok dari kampus 3. Setelah adanya perwakilan masing-masing kelompok panitia membuatkan group untuk memudahkan koordinasi dan penyaluran informasi. Kemudian, Seleksi kedua para calon ketua angkatan mengkampanyekan diri mereka melalui video penyampain visi dan misi. Seleksi yang ketiga membuat video edukasi yang diunggah di kanal media sosial pribadi calon ketua angkatan. Proses seleksi yang keempat mereka diberi kesempatan untuk berpidato via zoom dihadapan para panitia serta rekan-rekan mahasiswa angkatan 2021. Terakhir adalah tahap diskusi yang harus diikuti oleh setiap calon ketang secara berpasangan, dimana panitia akan memberikan sebuah tema pada tiap calon untuk nantinya ditanggapi oleh calon ketang lainnya. Proses seleksi pemilihan ketua angkatan Psikologi dinilai oleh Ketua BEM, Wakil Ketua BEM, dan Ketua Pelaksana, serta voting dari teman-teman mahasiswa Psikologi angakatan 2021.

Setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang dua nama terbaik berhasil keluar sebagai Ketua Angkatan Fakultas Psikologi 2021, mereka ialah Dandi Agustin dari kampus 1 dan Alifia Rahmawati Sholehat dari kampus 3. Dengan komitmen yang dimiliki, mereka yakin bisa menjadi narahubung dan penjembatan rekan-rekan mahasiswa psikologi 2021.

Dandi Agustin selaku Ketua Angkatan terpilih yang berasal dari Kalimantan Barat ini mengatakan motivasinya dalam mencalonkan diri sebagai ketua angkatan adalah selain untuk menambah pengalaman, ia juga ingin meningkatkan  skil leadership.

“Saya berharap dapat menjadi pemimpin yang agamis, memiliki kontrol emosi yang baik, dan produktif seperti mengikuti volunteer atau pengabdian masyarakat sehingga dapat menginspirasi angakatan saya.” ucap Dandi Agustin

“Saya juga memiliki visi Membentuk dan menciptakan angkatan yang solid, aktif, dan solutif serta memiliki dedikasi yang tinggi kepada masyarakat dan fakultas, dengan misi yang akan saya jalankan antara lain seperti membentuk angkatan yang berkarakter cerdas, kompetitif, dan bertanggung jawab, mempererat silaturahmi antar angkatan, mahasiswa, dosen, dan alumni, dapat menjadi wadah mahasiswa untuk menyalurkan aspirasi, membentuk forum yang membahas segala sesuatu berkenaan dengan psikologi.” Tambahnya

Dilain sisi Alifia selaku Ketang terpilih dari kampus 3 juga menuturkan bahwa ia akan berusaha semaksimal mungkin dalam meberikan informasi-informasi dari apa yang ditanyakan oleh rekan mahasiswa. Ia juga memiliki prinsip harus lebih tau dan lebih bisa dari rekan lainnya untuk nantinya dapat membantu rekan mahasiswa dalam proses perkuliahan.

“menjadi pemimpin haruslah memiliki seribu hati, karena yang kita hadapi bukan hanya satu kepala saja. Namun, terdapat banyak pemikiran dan orientasi yang pastinya berbeda dengan apa yang kita harapkan. Oleh karena itu, saya harus bisa mengatur emosional saya di depan orang lain.” Tutur Alifia

Ia juga menambahkan terkait visi misi yang dimiliki, dimana ia akan menjadikan Mahasiswa Psikologi UMBY 2021 kampus 3 yang tanggap, bijak berkuliah, dan berdaya saing. Kemudian, ia merealisasikannya dengan beberapa misi seperti, menjadi perantara yang bijak antara mahasiswa dengan pihak internal kampus, mendorong mahasiswa untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan positif, dan secara proaktif mendengar keluh kesah, kritik, dan saran dari mahasiswa.

Dandi Agustin dan Alifia Rahmawati memiliki harapan yang sama, dimana ingin  berkontribusi atau mengabdi pada Fakultas Psikologi UMBY. Mereka berharap dapat turut serta dalam mendukung kegiatan-kegiatan kampus maupun organisasi dan juga mampu menyalurkan aspirasi teman-teman mahasiwa, berbagi informasi penting atau edukasi untuk kemajuan psikologi angkatan 2021 yang lebih maju.

Muhammad Fadhrezi selaku panitia sangat mengharapkan dengan terpilihnya Ketang Psikologi 2021 bisa menjadi jembatan bagi mahasiswa lain dalam kontribusi terhadap kampus, dapat menjalankan amanah dengan baik, dan tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang nantinya merugikan mereka dan Fakultas Psikologi UMBY.

 

 

Narasumber:

  • Muhammad Fadhrezi (Psikologi’20)
  • Dandi Agustin (Psikologi’21)
  • Alifia Rahmawati S. (Psikologi’21)

Reporter dan Penulis:

  • Alan Dwi Arianto (Ilkom’20)
  • Ni Made Krisnashanti (Psikologi’20)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *