December 6, 2022
A Picture By Iksan
A Picture By Iksan

Yogyakarta, Buana Pers – Guna memperingati Hari Sepeda Internasional yang jatuh setiap 3 Juni, Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) turut andil melangsungkan kegiatan yang bertajuk “UMBY Bersepeda”. Pada kegiatan tersebut terdapat tagar yang digaungkan untuk lebih memeriahkan dan menyukseskan acara tersebut, diantaranya yaitu #UMBYbersepeda #Bike2Work #Bike2Campus #JogjaLebihBike.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampus 1 UMBY (08/06/21).Kegiatan ini merupakan lanjutan dari perintah atau titah Sultan selaku Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono, yang mengajak seluruh masyarakat Yogyakarta untuk bersepeda sepekan, yaitu pada tanggal 8-12 Juni 2021. Kegiatan tersebut dalam rangka Hamemayu Hayuning Bawana,  menjaga lingkungan alam, mengurangi polusi udara, dan sebagai usaha mengembalikan Yogyakarta sebagai kota sepeda.

Di tengah kepadatan waktu, UMBY berhasil melaksanakan kegiatan “UMBY Bersepeda” (Bike-to-Work / Bike-to-Campus) yang dimulai dari pukul 06.30 WIB, hingga selesai dengan rute mengitari wilayah kampus 1 UMBY. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh civitas akademika UMBY termasuk Kepala Biro Marketing, Kepala Humas, dan Kepala Program Studi yang ada di UMBY dengan menggunakan dresscode jersey MBCC (Mercu Buana Cycling Club). Acara berlangsung lancar dan tetap mengedepankan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan tetap menjaga kebersihan lingkungan.

Abdul Hadi, M.Pd. selaku Kepala Biro Pemasaran UMBY mengatakan, “Dengan adanya acara hari ini, diharapkan dapat memulai pembiasaan seluruh warga UMBY untuk setidaknya dalam sepekan sekali untuk bersepeda. Tujuannya, selain menyehatkan badan, juga dapat mengurangi emisi karbon, dan budaya bersepeda dapat dijadikan teladan pada masyarakat luas  bahwa selain berkendaraan bermotor, bersepeda ke kantor juga asik,” (08/06/21).

Kedepannya kegiatan seperti ini akan dilakukan secara rutin oleh Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Seperti yang dikatakan oleh Abdul Hadi, M.Pd. bahwa kedepannya kegiatan ini akan dilakukan seminggu sekali untuk bersepeda terutama ke kantor. Beliau berharap agar kegiatan ini akan menjadi rutinitas yang menyehatkan dan dapat dicontoh oleh masyarakat.

Narasumber : Abdul Hadi M.Pd.

Reporter : Alan Dwi Arianto

Penulis : Alan Dwi Arianto & Ni Made KrisnaShanti D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *