December 6, 2022

SLEMAN, Buana Pers – Organisasi adalah tulang punggung manajemen. Karena jika tidak ada organisasi yang efisien, tidak ada manajemen yang bisa menjalankan fungsinya dengan lancar. Pada umumnya, organisasi dibuat untuk wadah atau tempat berkumpul, bekerja sama secara sistematis dan rasional.

Villa selaku Ketua UKM Talenta mengatakan bahwa, mengikuti organisasi adalah penting karena dapat mengasah kemampuan softskill dan hardskill yang dimiliki.

“Organisasi juga bisa menambah relasi dan belajar tentang problem solving.” ujarnya.

Organisasi dapat menggabungkan berbagai aktivitas untuk mencapai tujuan yang telah disepakati. Organisasi sering dijumpai di lingkungan sekitar, seperti OSIS di sekolah, lalu BEM di kampus, ada Karang Taruna di desa, hingga organisasi internasional seperti Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

            “Yang membuat aku tertarik ikut organisasi itu karena aku pikir nggak mungkin selama kuliah aku nggak menambah pengalaman kaya masa kuliah aja gitu sementara aku rasa masih banyak yang perlu aku pelajari jadi itu sih hal pertama yang membuat aku mau ikut organisasi dan setelah aku coba ikut ternyata banyak banget manfaatnya makanya aku jadi tertarik ikut organisasi“, ujar Villa kembali.

Berdasarkan hasil survey tim Buana Pers melalui g.form dengan 13 partisipan, diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa yang mengikuti organisasi di Universitas Mercu Buana Yogyakarta dari jurusan Psikologi bertujuan untuk menambah relasi, mengembangkan rasa percaya diri, serta mengembangkan minat dan bakat di berbagai bidang.

Adapun manfaat yang dapat diraih dengan mengikuti organisasi seperti, menambah wawasan dan pengetahuan, melatih jiwa kepemimpinan, mendapatkan ilmu tentang kerohanian dan melatih diri.

(g/rh)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *