December 6, 2022

Apakah kalian seorang Prokrastinator?

Kalian tahu gak sih? Ternyata kebiasaan menunda pekerjaan atau mengulur waktu mengerjakan tugas dalam istilah psikologi disebut Prokrastinasi dan pelakunya disebut Prokrastinator. Dalam Bahasa Latin sendiri Prokrastinasi berarti “diteruskan besok”.

Umumnya mungkin setiap orang pada titik tertentu pernah menunda tugas-tugas mereka. Kita akan membahas Prokrastinasi di kalangan pelajar ya yang sering juga disebut Prokrastinasi Akademik.

Kenapa ya kalangan pelajar sering menunda tugas?

Menurut penelitian ada dua faktor yang mempengaruhi Prokrastinasi di kalangan pelajar. Pertama, faktor internal meliputi faktor fisik, seperti kelelahan dan juga ada faktor psikologis seseorang, seperti tipe kepribadian dan motivasi. Kedua, faktor eksternal seperti kuantitas tugas yang menuntut penyelesaian segera atau bersamaan, kurangnya kontrol diri, dan pola pengasuhan orang tua.

Apa ya dampaknya?

Prokrastinasi jika dilakukan terus menerus jelas dapat mengganggu proses belajar para pelajar. Menunda-nunda tugas sama saja membuang waktu sia-sia. Tugas-tugas yang ditunda akan terus menumpuk, menyebabkan rasa cemas saat deadline sudah mendekat, sehingga mengerjakan tugaspun tidak maksimal, dan berpotensi mendapat nilai yang kurang memuaskan. Psikologis siswa juga dapat terpengaruh menjadi cepat merasa cemas, tegang, merasa bersalah, emosi tidak stabil, dan mudah stress.

Hayo! Kalian yang sedang di fase nunda-nunda tugas sudah tahukan itu sangat berdampak negatif? Nih, kita jelasin salah satu teknik untuk membantu kalian agar tidak masuk ke dalam “Lingkaran Prokrastinasi” yaitu teknik Pomodoro.

Pomodoro adalah teknik time management atau membagi waktu mengerjakan tugas menggunakan interval. Kalian diminta fokus selama 25 menit setelah itu selingi dengan beristirahat sekitar 3-5 menit (1 Pomodoro). Kalian bisa menggunakan alarm sebagai pengingat. Nah, setelah berhasil melakukan 3 Pomodoro silahkan beristirahat sekitar 15-30 menit sebagai bentuk apresiasi diri kalian yang sudah berproses menyelesaikan tugas.


https://images.app.goo.gl/3rHxfbnhxDhTracU8

“Kalau tidak dikerjakan sekarang kapan lagi? Kalau bukan oleh kita sendiri siapa lagi?”

Oleh : Krisnashanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *