December 6, 2022
Jogjakita.BuanaPers/Dhaxwa Lennox Ramadhan

Yogyakarta, Buana Pers – Perkembangan teknologi berlangsung pesat seiring terjadinya modernisasi secara terus-menerus. Modernisasi adalah suatu perubahan dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang menjadi lebih baik di berbagai aspek kehidupan dengan harapan tercapainya masyarakat yang lebih makmur dan sejahtera. Dalam hal ini, modernisasi terjadi pula pada bidang teknologi yang ditujukan untuk meringankan pekerjaan manusia. Salah satu yang terus berevolusi selama ini ialah kemajuan dalam bidang transportasi.

JogjaKita adalah salah satu contoh aplikasi yang merepresentasikan modernisasi. Aplikasi ini merupakan platform ojek online yang dibangun oleh anak bangsa dengan semangat gotong royong, bertujuan ikut berkontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat Yogyakarta. Aplikasi ini diprakarsai langsung oleh Ngarso Dalem dengan harapan bisa membentuk ekosistem bisnis lokal dan memberikan peluang untuk UMKM Jogja.

Menurut penuturan Pak Dheny selaku GM JogjaKita, kelebihan aplikasi ini bukan hanya untuk perusahaan tetapi juga untuk semuanya baik bagi pengguna, driver maupun pemilik merchant. Pengguna tidak perlu membayar mahal untuk menggunakan aplikasi ini sehingga dapat lebih berhemat. Driver sendiri mendapatkan subsidi utuh tanpa dipotong biaya apapun, dan mendapat bonus sesuai dengan jumlah jarak yang ditempuh. Sementara itu, keuntungan untuk pemilik merchant yaitu dapat menjual produknya tanpa biaya admin.

Sama seperti aplikasi transportasi online lainnya, Aplikasi JogjaKita menyediakan beberapa layanan diantaranya JogjaRide, JogjaFood, JogjaSend, JogjaShop, bahkan dapat membayar kebutuhan sehari-hari seperti pembayaran atau pembelian token listrik, pulsa dan lain-lain. Bedanya, aplikasi ini hanya berfokus pada wilayah Yogyakarta. Aplikasi ini masih dalam tahap penyesuaian dan perkembangan agar dapat berfungsi lebih baik. Jumlah driver yang terdaftar hingga saat ini mencapai 7000 dan 3000 merchant.

JogjaKita dibangun untuk mendorong pertumbuhan industri pariwisata dan penunjangnya, mendorong pertumbuhan usaha kecil, mikro, dan supermikro, berkontribusi meningkatkan pendapatan daerah, mendorong transaksi non tunai, serta bersinergi dan berkolaborasi dengan berkeadilan.

“JogjaKita direncanakan untuk membantu wisatawan mengeksplor Jogja agar lebih mudah dan nyaman pada saat berwisata” tutur Pak Dheny saat diwawancarai (23/03/21). Sama seperti aplikasi ojek online lainnya, JogjaKita juga telah menggunakan uang digital dengan nama SpeedCash.

“Uang digital ini akan sangat membantu, sehingga driver tidak perlu repot untuk uang kembalian atau sejenisnya karena sudah memakai SpeedCash” tambahnya.

Reporter : Nius Panggi, Dhea

Penulis : Dewi Sekar Astri

Editor : Cici Jusnia

2 thoughts on “JogjaKita, Ojek Online Asli Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *