December 6, 2022

SLEMAN, Buana Pers – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Buana Pers Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMBY) mengadakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) di tengah pandemi dengan mengusung tema “Melahirkan Jurnalis Muda UMBY yang Profesional”. Kegiatan ini dilaksanakan secara virtual melalui platform Zoom Meeting selama dua hari (24-25/02/21).

Kegiatan ini menghadirkan tiga pembicara, yaitu Ade Dani Setiawan selaku pengurus divisi program pendidikan dan jaringan Aliansi Jurnalis Independen (AJI Yogyakarta), Drs. Lalang Gumilang kepala bidang pemberitaan LPP RRI Sungailiat, dan Ainur Rohma kontributor kantor berita luar negeri. Selain itu, hadir pula dosen pembimbing Buana Pers, Dr Tri Guntur Narwaya.

Daniel Chrissendy, ketua pelaksana (ketupel) kegiatan PJTD sekaligus pimpinan umum (PU) Buana Pers mengatakan, PJTD merupakan langkah awal sebagai bekal seluruh anggota Buana Pers menuju jurnalis yang profesional.

Tri Guntur Narwaya berharap kegiatan PJTD ini dapat membantu Buana Pers untuk mengasah daya nalar kritis. “Menulis perlu menekankan tidak saja pada kemampuan mengekspresikan ide secara tertulis melainkan juga keterampilan berpikir kritis,” jelas Tri Guntur Narwaya dalam sambutannya.

Menanggapi acara yang telah dilangsungkan, Aziz Nur selaku peserta PJTD mengatakan bahwa kegiatan ini sangat menarik. Sesi pematerian yang paling berkesan menurutnya adalah dari Ainur Rohma karena beliau banyak menceritakan pegalamannya selama menjadi seorang jurnalis.

“Hal yang paling saya ingat adalah ketika sesi tanya jawab bersama mbak Ainur. Beliau menjawab seluruh pertanyaan dengan jawaban yang juga menimbulkan pertanyaan. Mungkin maksudnya agar kita mulai berlatih berpikir kritis,” ucapnya.

Sementara itu, seksi acara PJTD Chandra Septianur berharap kegiatan PJTD ini dapat membantu anggota Buana Pers menjadi jurnalis profesional.

“Untuk Buana Pers tetap semangat menjalankan program kerja meskipun diskusinya lewat online, serta dapat membangun team work yang baik dengan anggota yang lain. Terus belajar, pantang menyerah, jadikan Buana Pers sebagai pers mahasiswa yang kuat!” serunya. (krs/gsb/etl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *